Strategi Kampanye Politik Terbaik untuk Anda


Oleh. utuhtaedini

Saya mendapatkan banyak e-mail dari banyak kandidat bertanya, “Apa strategi kampanye terbaik politik untuk saya?” Sering kali, e-mail tersebut disertai dengan sedikit rincian tentang masalah yang penting bagi mereka.

Saya berharap dapat menjawab email tersebut, dengan baik dan mudah bagi

Pasangan SALAM di KPUD

mereka. Kebenaran, bagaimanapun, adalah lebih rumit. Memikirkan strategi kampanye politik terbaik untuk setiap pemilihan selalu membutuhkan waktu dan usaha, dan tergantung pada sejumlah faktor yang berbeda.

Jika Anda sedang merencanakan sebuah kampanye, dan mencoba mencari strategi terbaik untuk promosi Anda, perhatikan baik-baik faktor-faktor:

1. Running Open Seat atau Menghadapi Incumbent

Running open seat biasanya lebih mudah. Karena semua lawan merupakan “orang baru”, dimana semua calon sama-sama berangkat dari “titik nol”. Lain halnya jika Anda menghadapi incumbent. Biasanya incumbent memiliki tingkat pengenalan (popularitas) lebih dibanding Anda, dan tidak memiliki masalah finansial. Lebih lengkap Anda dapat baca di artikel Bagaimana Cara Mengalahkan Incumbent

2. Well Founded, atau Under-Founded

Strategi kampanye yang terbaik untuk Anda juga harus menjadi strategi realistis. Apakah Anda punya uang untuk dibelanjakan? Jika Anda memiliki kemampuan finansial yang cukup, lebih baik jika Anda membayar staf, menyewa konsultan, menyewa web designer profesional, dan running iklan di televisi. Jika Anda kekurangan dana, Anda harus mengandalkan sukarelawan, taktik akar rumput, dan materi kampanye underground.

3. Memetakan Diri atau Calon Anda

Bagaimana orang melihat Anda atau Calon Anda? Apakah Anda atau Calon Anda memiliki pengalaman dalam politik? Bagaimana dengan bisnis? Apakah Anda atau Calon Anda memiliki pengetahuan khusus atau pengalaman dengan masalah tertentu? Apakah Anda atau Calon Anda memiliki kekuatan di lingkungan tertentu atau demografis? Petakan diri Anda atau Calon Anda. Bila perlu, untuk menjaga obyektivitas, sewa orang mengetahui letak kekuatan da kelemahan diri Anda atau Calon Anda.

4. Kenali Lawan

Apakah ia juga didanai atau kekurangan dana? Apa latar belakang mereka? Kenali lawan sebaik Anda mengenali diri Anda atau Calon Anda.

5. Isu Penting Masyarakat

Isu apa yang merupakan isu penting bagi masyarakat pemilih. Apakah bagi mereka jaminan kesehatan lebih penting dibanding jaminan pendidikan, atau apakah kepastian hukum yang dianggap penting bagi pemilih. Kenali dengan baik isu-isu tersebut, kemudian buat pesan kampanye berdasar isu tersebut. Strategi kampanye terbaik akan menyesuaikan dengan isu-isu dan masalah-masalah terpenting bagi pemilih. Beri apa yang mereka inginkan, agar pada saat pemilihan tiba mereka akan memberi apa yang Anda inginkan

Dengan bekerja berdasar kelima faktor tersebut, akan lebih mudah dalam menyusun strategi kampanye terbaik.

Ingat, tidak ada  strategi kampanye “tunggal terbaik”. Strategi yang tepat akan berbeda untuk masing-masing kandidat dan untuk setiap pemilihan. Luangkan waktu untuk memikirkan strategi Anda sebelum masuk ke tengah-tengah pertempuran.


One Response to Strategi Kampanye Politik Terbaik untuk Anda

  1. Pingback: Cara Cantik Memenangkan Pilkada | SALAM CENTER KOTA BEKASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>